Rabu, 06 Juni 2018

PERBANDINGAN APLIKASI CHATTING LINE DAN WHATSAPP

PERBANDINGAN APLIKASI CHATTING LINE DAN WHATSAPP

Aplikasi LINE dan WHATSAPP, Siapa yang tidak mengenal dua aplikasi sosial media ini? Aplikasi ini sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Jika dilihat dari kebanyakan masyarakat sekarang, terutama pengguna smartphone bersistem operasi Android dan iOS, kedua aplikasi ini sudah tidak asing untuk digunakan.

Perbandingan Aplikasi Chatting LINE dan WhatsApp

Perbandingan Aplikasi Chatting LINE dan WhatsApp

  1. Platform
  • LINE dapat digunakan pada sistem operasi Android, iOS, Windows, dan Blackberry OS.
  • Demikian juga dengan WhtasApp yang dapat dijalankan pada sistem operasi yang sama sehingga kedua aplikasi ini bisa disebut Multi-Platform.
  1. Fitur Chatting
  • LINE dapat digunakan untuk Chatting (percakapan) yang dapat dibedakan menjadi Personal Chat (percakapan antara 2 user) dan Multi-Chat (percakapan lebih dari 2 user).
  • WhatsApp juga dapat digunakan untuk Chatting akan tetapi hanya bisa dilakukan oleh 2 user (Personal Chat), untuk melakukan percakapan lebih dari 2 user harus menggunakan fitur grup karena tidak ada fitur Multi-Chat seperti LINE.
  1. Fitur Grup
  • Grup pada LINE memiliki maksimal anggota 199 users dengan tanpa adanya Admin pada grup yang dibuat pada LINE sehingga semua anggota dapat melakukan semua aktifitas yang disediakan pada fitur Grup LINE seperti membuat Post, memasukkan foto ke Album, memasukkan dan mengeluarkan Member (anggota) grup. Selain itu, Chat yang dikirimkan melalui grup LINE akan terlihat jumlah Member lain yang membaca Chat tersebut dengan melihatnya pada sisi kiri bawah Chat yang kita kirimkan.
  • Sedangkan grup pada WhatsApp memiliki jumlah maksimal anggota yang lebih sedikit dibandingkan dengan LINE yaitu 99 users. Perbedaannya adalah pada grup WhatsApp disediakan fitur Group Admin yang membuat Member grup yang bukan Admin tidak dapat melakukan aktifitas penambahan dan pengurangan Member. Semua itu hanya dapat dilakukan oleh Admin yang bisa lebih dari 1 user.
  • Pada WhatsApp juga tidak disedikan fitur Post dan Album grup seperti LINE. Akan tetapi, Chat yang dikirimkan melalui grup WhatsApp akan dapat terlihat siapa saja yang membaca Chat tersebut dengan menekan Chat yang kita kirimkan lalu klik tombol i (information) pada bagian atas dan dapat dilihat siapa saja yang sudah membaca Chat kita dan yang Member yang belum membaca Chatnya tetapi Chatnya sudah sampai (Delivered).
  1. Fitur Broadcast
  • LINE tidak memiliki fitur ini. Untuk menyebarkan pesan ke banyak orang dapat kita lakukan dengan membuat status pada timeline LINE dan menekan tombol share dan kita dapat memilih siapa saja yang kita bagikan isi status tersebut.
  • WhatsApp memiliki fitur ini. Tentunya fitur ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan Broadcast pesan dibandingkan dengan menggunakan LINE tadi. Cukup pilih “New Broadcast” pada menu, pilih peneriman Broadcast dan masukkan pesan anda.
  1. Fitur Calls
  • Pada kedua aplikasi ini terdapat fitur telepon yang sangat sering digunakan oleh pengguna kedua aplikasi ini. Perbedaannya adalah, Pada LINE digunakan ID sebagai pengganti nomor telepon user sedangkan pada WhatsApp digunakan nomor telepon user.
  • Kelebihan pada fitur Calls ini adalah user dapat melakukan kontak telepon tanpa memotong pulsa user tetapi memakai data internet. Hal ini tentunya sangat mengurangi pengeluaran pada user yang memiliki koneksi Wi-Fi dirumah dengan internet unlimited sehingga dapat menelpon tanpa takut kehabisan pulsa.
  • Kesamaan pada fitur Calls ini yaitu adanya pengingat panggilan keluar, panggilan masuk dan panggilan tak terjawab seperti telepon pada umumnya.
  1. Penggunaan Kuota Internet Dan Keringanan Aplikasi
  • Keunggulan WhatsApp adalah keringanan dan simpelnya interface aplikasi, namun bukan itu saja karena penggunaan kuota internet yang sangat kecil merupakan keunggulan utamanya. Fitur kompresi dalam mengirim file multimedia seperti gambar, sama sekali tidak menguras kuota internet, namun tidak mengurangi kualitas gambar. Fitur ini juga menjadikan WhatsApp, aplikasi messenger yang paling irit kuota
  • Sedangkan LINE, menghabiskan banyak kuota internet karena fitur timeline yang banyak sekali multimedia yang harus distream, ditambah dengan tema dan sticker yang bagi bermacam-macam banyaknya, menjadikan LINE agak berat penggunaannya atau bisa dibilang menghabiskan cukup banyak memori
  1. Size aplikasi dan penyimpanan file
  • LINE dengan fiturnya yang sangat banyak namun memiliki kekurangan dalam hal size aplikasinya, yaitu sizenya yang besar hingga mencapai ratusan MB akan sangat menyusahkan bagi pengguna smartphone yang memiliki storage yang kecil.
  • Sedangkan WhatsApp unggul dalam hal ini karena size aplikasinya tidak begitu besar yaitu hanya puluhan MB dan WhatsApp pun terkenal karena keringanan aplikasinya dalam pemakaian memori. Untuk penyimpanan file, WhatsApp unggul karena WhatsApp menyediakan fitur penyimpanan multimedia secara otomatis ke storage yang tentunya sangat berguna bagi pengguna yang ingin serba otomatis, sedangkan LINE harus menekan tombol “UNDUH” terlebih dahulu untuk menyimpan file multimedia

0 komentar:

Posting Komentar